Saturday 27 January 2018

Pengertian Urea Molasses Block (UMB)

pagi semuanya, ada yang sudah pernah dengar kata Molasses ? kalau belum mari kita belajar bersama. Molasses merupakan bahan sisa dari industri gula yang banyak dijumpai di samping hasil utamanya.

 molasses merupakan bahan dasar yang berharga sekali untuk industri dengan fermentasi. Molasses adalah sejenis sirup yang merupakan sisa dari pengkristalan gula pasir. setelah mengetahui apa itu Molasses mari kita mengetahui manfaatnya untuk ternak.

Manfaat UMB
        Hasil kajian dampak sosial ekonomi dari pengamatan lapangan terhadap penerapan
hasil litbang melalui Iptekda, menunjukkan:
· Perbaikan pendapatan peternak
· Menumbuhkan swadaya masyarakat dalam usaha peternakan (pengadaan pakan
  pokok dan pakan suplemen )
· Meningkatkan kemampuan inovasi peternak dalam mengembangkan peralatan
  pembuatan pakan suplemen
· Mendorong berkembangnya kegiatan usaha baru dalam memproduksi UMMB.


Cara Pembuatan Urea Molasses Block (UMB)
     bahan-bahan yang digunakan adalah: molase, onggok, dedak, tepung daun singkong kering, tepung tulang, kapur, urea, lakta mineral dan garam dapur ( disesuaikan dengan formula yang diinginkan). Proses pembuatannya adalah seluruh bahan pada formula yang dibuat dicampur kecuali molase. Setelah bahan-bahan dicampur secara merata, kemudian molase ditambahkan kedalam campuran dan diaduk-aduk hingga tidak ada gumpalan-gumpalan, kemudian adonan dipanaskan/ digoreng dengan api kecil selama kira-kira 3 (menit) atau 4 ( menit). Selanjutnya adonan UMMB yang masih panas tersebut dipres dalam wadah-wadah atau cetakan. UMMB telah siap untuk diberikan kepada hewan atau disimpan di tempat yang tidak lembab.
Cara Pemberian Cara Pembuatan Urea Molasses Block UMB
       UMB diberikan pada pagi hari sebelum hewan diberi pakan pokok.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon